welcome to my blog

Senin, 09 April 2012

GIZI PADA MAKANAN ITU, PENTING !



                     Aku ingin, gizi pada makanan yang di berikan oleh ibu kepada anaknya tercukupi. Namun, di balik harapan Ku itu, tersimpan keprihatinan yang dalam.
                      Ya, memang. Zaman sekarang ini, makanan yang di berikan oleh ibu kepada anaknya serba instant dan belum tentu, semuanya mengandung gizi yang seimbang bagi pertumbuhan anak. Biasanya, para ibu yang sibuk dengan pekerjaannya tidaklah sempat membuat atau memberi makanan yang sehat dan alami. Para ibu malah seringkali memberi makanan instant ataupun junk food. Bahkan bayi mulai usia  6 bulanpun sudah di beri makanan instant, mulai dari bubur, mie, biskuit, bahkan susu. Terkadang, peran ASI seringkali digantikan dengan susu instant. Susu instant masa kini juga mengandung gula tambahan, seperti sirup jagung padat, sukrosa dan sirup glukosa padat. Gula yang terlalu banyak juga dapat menimbukan penyakit gula, yang seringkali kita sebut diabetes. Sekedar wawasan, junk food kerapkali di ikuti iming-iming hadiah yang menarik perhatian. Sehingga, anak tertarik untuk terus mengkonsumsinya. Padahal, junk food banyak mengandung gula, garam dan lemak yang dapat mengganggu kesehatan.
                       Seharusnya, makanan anak seperti itu lebih baik apabila di olah sendiri. Bahan-bahannya alami, sehat dan aman bagi tubuh. Makanan sehatkan, dapat membuat tubuh kita kuat.
                       Mungkin, karena terbiasa mengkonsumsi makanan instant, anak-anak sulit untuk bisa menerima rasa yang benar-benar sehat. Buktinya, anak-anak sekarang sulit untuk membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat dan alami. Mereka lebih menyukai makanan instant. Biasanya, kebanyakan makanan instant megandung  bahan-bahan berbahaya, seperti pengawet, pewarna dan penyedap. Sedangkan makanan yang benar-benar sehat dan alami buatan sendiri, hanya menggunakan garam atau rempah lainnya sebagai bumbu yang aman dan menyehatkan untuk kita konsumsi.
                        Kondisi ini memang mengkhawatirkan. Para ibu sebaiknya memantau gizi yang terkandung pada tiap-tiap makanan yang hendak di berikan pada anak. Bimbingan ibu juga perlu, agar anak terhindar dari kegiatan mengkonsumsi makanan instant sejak dini. Kenalkan juga pada anak, bahaya akan mengkonsumsi makanan instant secara terus menerus. Sedikit demi sedikit, anak pasti mau merubah kebiasaannya. 
                         Lantas, makanan apa yang ideal bagi pertumbuhan anak ?
Yaps! Makanan 4 sehat 5 sempurna itulah yang mengandung gizi seimbang bagi tubuh kita. Di dalam nasi,ada karbohidrat. Karbohidrat berguna untuk menambah energi atau tenaga bagi tubuh kita. Oh ya teman, selain nasi ada juga ubi, jagung, sagu dan roti, sebagai pengganti nasi. Lalu ada protein yang berguna sebagai zat pembangun yaitu pengganti sel-sel yang rusak. Contohnya ikan, telur, daging, kacang-kacangan, tempe dan tahu. Kemudian ada lemak yang berguna sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan, yaitu kelapa, kacang, mentega, minyak goreng dan kemiri. Mineral dan vitamin juga berguna untuk memelihara kesehatan, ada garam dapur, sayur-mayur dan buah-buahan. Teman-teman semua pasti sudah tahukan, yang membuat 5 sempurna? Tepat! teman-teman Ku memang pintar! Betul-betul anak Indonesia. Itu adalah susu yang mengandung kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Maka dari itu, teman-teman rajin minum susu ya? Oke deh.
                            Aku tahu, teman! Anak-anak sangat menyukai bentuk makanan yang unik dan menarik! Maka dari itu, ibu sedapat mungkin menghidangkan makanan dengan bentuk kreatif dan menarik perhatian untuk mengkonsumsinya. Sebisa mungkin, ibu menyesuaikan karakter anak. Jika anak tidak suka sayur, ibu dapat memberinya melalui campuran makanan lainya, seperti telur. Kemudian macam-macam bentuk makanan yang menarik, dapat memberi semangat untuk menyantapnya.
                            Perlu di ingat ya teman-teman!
Makanan instant sebergizi mungkin, lama kelamaan pasti akan menimbulkan pennyakit. Pokoknya, alam deh yang paling bisa! Tapi alam pun perlu di lestarikan teman! Supaya tidak punah ya! Mereka juga makhluk hidup loh.
Makanan yang sehat akan membuat tubuh kita kuat.Demikian sebaliknya. Makanan yang mengandung banyak zat berbahaya, akan jadi sumber penyakit bagi tubuh kita.
Semoga bermanfaat ya teman-teman! Terima kasih.

Brebes, 14 Juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar